Arti Logo Petunjuk / Peringatan pada Karton Box

Posted by Ahli Karton Saturday, April 13, 2013 0 comments

Pernahkan anda melihat gambar atau logo seperti dibawah ini? Yups... saya yakin anda semua pasti sudah sering melihatnya. Tapi tahukah anda, apa arti gambar atau logo tersebut? Penasaran kan..., nah  kalau anda ingin tahu jawabannya kali ini saya akan posting mengenai arti gambar-gambar atau logo-logo tersebut untuk anda !
Barang mudah pecah
Gambar 1


Kalau ada Carton Box bergambar logo peringatan yang seperti Gambar : 1 artinya bukan berarti Carton Box tersebut berisi gelas lho ! Gambar ini artinya "Barang Mudah Pecah" atau dalam bahasa Inggris "Fragile". Artinya barang yang dikemas dalam karton tersebut adalah barang yang rapuh atau mudah pecah, jadi harus hati-hati.
Gambar : 2

Gambar : 2 adalah sebuah peringatan bergambar sebuah jerigen dan buah durian yang dicoret. Logo ini biasanya diartikan : Avoid from sronght smell / Hindarkan dari barang yang berbau tajam.Maksud dari logo tersebut adalah barang yang ada didalam carton box tersebut tidak boleh didekatkan dengan benda-benda berbau tajam, seperti durian, bensin, kamper, sabun, detergent dll. Biasanya logo ini terdapat pada kemasan produk makanan / minuman.
Keep in a cool and dry place
Gambar : 3
Gambar : 3 logo adalah petunjuk penyimpanan yang artinya : Simpan ditempat sejuk dan kering / Keep in a cool and dry place. Simbol seperti ini hampir selalu ada pada setiap karton box karena pada umumnya semua produk minta disimpan ditempat sejuk dan kering .
Gambar : 4

Gambar : 4 logo petunjuk penyimpanan yang artinya : Stacking maximum 8 cartons / Tumpukan Maksimum 8 karton. Logo seperti ini ditujukan kepada pemakai agar pada saat menyimpan barang digudang ketika menyusun selalu memperhatikan jumlah tumpukan maksimal agar barang tidak sampai rusak. Angkanya tidak selalu 8, kadang 6 atau 5 tergantung berapa kekuatan karton box yang digunakan untuk mengemas barang tersebut.
jauhkan dari panas dan basah
Gambar : 5
 Gambar : 5 adalah logo petunjuk penyimpanan yang artinya : Avoid from heat and moisture / Hindarkan dari panas dan basah. Ini adalah peringatan umum yang hampir sama dengan simbol gambar : 3, bedanya disini ada 2 hal yang harus dihindari yaitu panas matahari dan basah, termasuk kelembaban.
jangan di injak
Gambar : 6
Gambar : 6 adalah logo peringatan penanganan yang artinya : Do Not Step on it / Jangan diinjak. Produk yang dikemas dalam karton box yang bergambar sepatu disilang ini tidak boleh diinjak karena bisa merusak barang yang ada didalam kotak karton tersebut.
Gambar : 7
Gambar 7 adalah petunjuk bagi para pedagang yang artinya : First In First Out / Terima lebih dulu, jual lebih dulu. Simbol ini memberi peringatan kepada pelanggan supaya barang yang lama dijual terlebih dahulu agar tidak sampai kadaluwarsa (expiered date). Jadi kalau ditoko anda masih ada sisa barang yang lama kemudian datang barang yang baru jangan asal ditumpuk saja, usahakan sisa barang yang lama bisa dijual terlebih dahulu. 
handle with care / awas jatuh
Gambar : 8
Gambar : 8 adalah logo peringatan penanganan barang yang artinya : Handle with care / Hati-hati jangan sampai jatuh. Pada saat bongkar muat dari dan ke atas truck para pekerja harus memperhatikan simbol-simbol peringatan yang tercetak pada kotakl karton. Kalau ada gambar seperti diatas maka pemindahan barang harus hati-hati jangan sampai jatuh.

jangan pakai gancu
Gambar : 9

Gambar : 9 adalah logo peringatan pada saat bongkar muat barang yang artinya : Jangan pakai Gancu. Ini adalah peringatan untuk para pekerja atau kuli bongkar muat agar pada saat membongkar barang tidak menggunakan alat yang bernama gancu karena bisa merusak barang yang ada di dalam kotak karton.
Gambar : 10
Gambar :10 adalah logo petunjuk penyimpanan yang artinya : Avoid Direct contact With the floor / Hindarkan kontak langsung dengan lantai. Barang yang dikemas dalam karton box dan ada tanda atau simbol seperti ini dalam penyimpanannya harus menggunakan alas kayu atau palet agar barang tidak rusak.
Gambar : 11
Gambar : 11 adalah logo petunjuk penyimpanan yang artinya :  Avoid from heat and sunshine / Hindarkan dari Sinar Matahari secara langsung. Ada barang-barang tertentu yang kalau terkena sinar matahari akan rusak, seperti obat-obatan dll. Oleh karena itu jika ada barang yang dikemas dalam karton box dan ada logo seperti disamping maka tidak boleh disimpan ditempat terbuka yang terkena sinar matahari, jadi harus disimpan didalam gudang.
Gambar : 12


Gambar : 12 adalah logo petunjuk penyimpanan yang artinya Simpan pada suhu maksimal 25 C. Simbol seperti ini biasanya mempersyaratkan suhu tertentu pada saat penyimpanan digudang agar barang yang dikemas tidak rusak. Barang yang mempersyaratkan suhu tertentu misalnya obat-obatan, coklat batangan dll.

Demikian gambar-gambar atau logo petunjuk atau peringatan yang biasanya tercetak pada kemasan dan berlaku di seluruh dunia.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Judul: Arti Logo Petunjuk / Peringatan pada Karton Box
Ditulis oleh Ahli Karton
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda ingin mengutip, baik sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link sumbernya yaitu http://kartonmedia.blogspot.com/2013/04/arti-logo-petunjuk-peringatan-pada.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Karton Media.