Teknik Pengukuran Carton Box / Kardus

Posted by Ahli Karton Sunday, May 19, 2013 0 comments

Kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang sales yang menjual produk carton box / kardus adalah dia harus bisa mengukur dimensi karton box untuk menentukan "ukuran dalamnya". Memang kelihatannya ini adalah masalah sepele, tetapi dalam kenyataannya banyak yang sudah bertahun-tahun menjadi sales penjual karton box tetapi tidak bisa mengukur dimensi sebuah karton box secara akurat. Bagaimana anda bisa meyakinkan calon pelanggan kalau mengukur dimensi karton box saja anda tidak bisa? Ibarat seorang penjual obat penumbuh kumis yang tidak berkumis, tentu calon pembeli akan ragu untuk membeli obat tersebut bukan? Nah kalau anda ingin tahu lebih lanjut ikuti uraian saya berikut ini.
Dalam prakteknya ketika seorang sales penjual carton box/kardus datang menemui seorang
purchaser dari sebuah perusahaan untuk menawarkan dagangannya, kebanyakan dari mereka yang berminat untuk membeli, tidak akan langsung memberikan PO (purchase order). Biasanya mereka akan minta contoh atau sample terlebih dahulu dengan menyerahkan sebuah karton box yang sudah jadi yang sebelumnya dibeli dari supplier lain. Kemudian mereka minta si sales yang datang untuk membuat sampel sesuai dengan contoh tersebut.
Disinilah awal kisah ini dimulai. Sang sales baru tadi mulai kebingungan bagaimana menentukan dimensi carton box tersebut karena calon pelanggan berpesan bahwa carton box yang dia berikan jangan dirusak dan harus dikembalikan lagi dalam keadaan utuh. Bagaimana dia bisa menghitung estimasi harga, membuat penawaran, dan menuliskan permintaan sampel ke bagian sample maker kalau si sales tidak tahu berapa "ukuran dalam" karton box tersebut?
Nah agar tidak kebingungan disini saya share mengenai tips bagaimana mengukur dimensi sebuah karton box yang sudah jadi untuk menentukan "ukuran dalam" tanpa harus membuka karton box tersebut. Kenapa harus menentukan ukuran dalam? Jawabannya adalah bahwa standard penulisan dimensi karton box yang digunakan hampir diseluruh dunia adalah ukuran dalam (inner size). Dan semua dokumen penjualan, dokumen pemesanan, dokumen pengiriman, faktur dan sebagainya selalu menggunakan ukuran dalam.
Ada 2 cara yang akan saya jelaskan untuk mengukur dimensi sebuah karton box yang sudah jadi untuk mencari ukuran dalam-nya yaitu :
Cara pertama dengan membuka karton box yang sudah jadi dan membentangkannya seperti gambar 1, sehingga bisa ditentukan dengan jelas letak garis lipatan (creasing) yang merupakan batas antara sisi satu dengan sisi lainnya. Ingat, semua pengukuran dibawah ini menggunakan satuan standard sistem metrik yaitu milimeter (mm).

Teknik pengukuran dengan cara pertama bisa dilihat pada gambar dibawah ini :

 Cara perhitungan "ukuran dalam" dapat dihitung dengan rumus sbb :
  • Panjang box  = jarak dari A sampai B dan hasilnya dikurangi tebal sheet
  • Lebar box      = jarak dari B sampai C dan hasilnya dikurangi tebal sheet
  • Tinggi box      = jarak dari D sampai E dan hasilnya dikurani 2 X tebal sheet

Cara kedua dengan TANPA membuka karton box tersebut.
Cara ini hampir sama dengan cara pertama tetapi disini menggunakan jarak dari slotter ke slotter.

Teknik pengukuran dengan cara kedua ini bisa dilihat pada gambar dibawah ini :
 Dengan cara ini ukuran dalam dapat dihitung dengan rumus sbb :

  • Panjang box  = jarak dari A sampai B dan hasilnya dikurangi tebal sheet
  • Lebar box      = jarak dari B sampai C dan hasilnya dikurangi tebal sheet
  • Tinggi box      = jarak dari D sampai E dan hasilnya dikurani 2 X tebal sheet
Mengenai thickness atau tebal sheet adalah sesuai jenis flute yang digunakan pada karton box tersebut sesuai tabel dibawah ini  :

 

Demikian posting saya kali ini semoga bermanfaat bagi anda. Bagi anda yang kurang jelas silakan bertanya melalui comment dibawah ini.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Judul: Teknik Pengukuran Carton Box / Kardus
Ditulis oleh Ahli Karton
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda ingin mengutip, baik sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link sumbernya yaitu http://kartonmedia.blogspot.com/2013/05/teknik-pengukuran-carton-box-kardus.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Karton Media.